FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

artis, selebritis, properti, rumah, apartemen, penthouse, landed house, villa, mobil, tanah, pendidikan, motor, anjing

Halaman

About

Diberdayakan oleh Blogger.

artikel terbaru

Arsip Blog

Search

Ajar 'Go Green' pada Anak dengan musik Rap

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampanye cinta alam dan penyelamatan bumi akan terus disuarakan orang-orang yang peduli dengan lingkungan. Suara itu terus didengungkan, dinyanyikan, bahkan diteriakkan agar terus melekat di benak para generasi penerus yang akan datang.

Pesan untuk cinta pohon dan lingkungan pun dapat disampaikan lewat nyanyian rap. Ya, genre musik rap ternyata juga disukai anak-anak. Dipadukan dengan lagu-lagu yang dibawakan oleh penyanyi Oppie Andaresta

"If I say go, go! If I say green, green. If we say it together, we say what?" ungkap Iwa K dengan nge-rap.

"Go green...!" teriak anak-anak Sekolah Dasar (SD) Global Mandiri mengikuti lagu rap yang dibawakan Iwa K dalam Tur Edukasi Bumiku Lestari di Cibubur, Kamis (8/11/2012).

Sekolah Global Mandiri, yang kali itu mendapat kesempatan bekerjasama dengan World Wildlife Fund (WWF) didukung oleh Bank BNI, sengaja ingin menanamkan kecintaan anak-anak terhadap lingkungannya melalui berbagai cara, salah satunya lewat lagu dan nyanyian Rap tadi.

"Anak-anak seperti biasa, selalu bisa merespon hal-hal yang baik dengan sesuatu yang baik dan positif pula. Saya senang, mereka disini bisa mengikuti lagu-lagu tentang mengajak cinta lingkungannya, dan saya harap pesannya juga bisa mereka serap," ujar Oppie Andaresta usai tur di sekolah ini.

"Iwa K dalam penampilannya tadi membawa tiga lagu nge-rap yang ia buat spontan, tapi asik. Dia memberikan warna yang menarik sehingga anak-anak disini bisa pulang dengan membawa kesan dan pesan go green-nya itu," tambahnya.

Resha Rashtrapatiji, pendongeng yang juga ikut serta dalam tur ini mengaku juga berminat untuk belajar nge-rap. Selain dengan lagu dan musik, dia ingin memadukan dongeng dengan rap.

"Saya jadi tertarik belajar nge-rap supaya bisa membawakan dongeng dengan lebih berwarna. Anak-anak mudah menerima pesan positif yang disampaikan dengan cara-cara yang unik," tuturnya kepada Kompas.com dalam tur sebelumnya.

Dalam tur berdurasi 2,5 jam lebih itu juga terdapat berbagai aktivitas yang menyenangkan terkait ajakan untuk mencintai lingkungan. Ada pembacaan cerita dongeng tentang penyelamatan hewan-hewan langka yang salah satunya orang hutan di Kalimantan, dilanjutkan dengan nonton film tentang pelestarian hutan, juga aksi penanaman pohon cendana, dan sosialisasi lagu anak-anak yang diciptakan dan dinyanyikan Oppie Andaresta dan Iwa K.

Salah satunya, lagu berjudul "Tanam Pohon". Anak anak SD Global Mandiri kelas 1-3 ini turut menyanyikannya bersama-sama dengan antusias.

Dalam tur ini juga, setiap sekolah di Jabodetabek yang dikunjungi 3-20 November mendatang akan mendapat 100 buah buku dan album “Bumiku Lestari” karya Oppie Andaresta. Oppie sengaja membuat buku dan album “Bumiku Lestari” untuk membagi pengetahuan lingkungan hidup kepada anak-anak agar mereka mengerti arti penting memelihara lingkungan hidup.

"Sebab, melalui buku dan album ini saya ingin mengajak anak saya dan teman-temannya untuk lebih mencintai bumi dengan cara menanam dan memelihara pohon, hemat listrik, air, dan mau bersepeda, serta memisahkan dan mendaur ulang sampah," jelasnya.
 
Editor :
Caroline Damanik
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh info - 17.47