FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

artis, selebritis, properti, rumah, apartemen, penthouse, landed house, villa, mobil, tanah, pendidikan, motor, anjing

Laman

About

Diberdayakan oleh Blogger.

artikel terbaru

Arsip Blog

Search

Belajar Mempercantik Taman dengan Sampah

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Peribahasa ini menggambarkan sudut taman di SD Sekolah Citra Alam Ciganjur, Jakarta Selatan, Selassa (20/11/2012).

Awalnya hanya bertujuan mengajarkan pola hidup ramah lingkungan kepada anak-anak berusia sekolah dasar. Namun, hasilnya ternyata bisa membantu mempercantik taman sekolah. Dan tentu saja bisa terjadi pula di rumah.

Dari semangat reduce, reuse, dan recycle (3R), anak-anak diajarkan untuk mendaur ulang sampah yang mereka temui sehari-hari. Dari limbah rumah tangga seperti kemasan botol mineral, mie instan, kemasan makanan ringan dan plastik, anak-anak ini menciptakan bunga-bunga nan menawan mata. Tak hanya orangtua, anak-anak pun senang melihatnya.

Tengok saja, bunga matahari berukuran besar yang dibuat oleh siswa kelas 3, Muhammad Rifqi. Sekilas, tak ada yang menyangka bunga itu berasal dari barang bekas berupa kantong plastik. Hasilnya, malah terbilang wah!

Ada juga bunga buatan berwarna putih dan pink yang dibuat Keina, siswa kelas 5. Karena kemarin tidak masuk sekolah, dia baru menaruh bunganya pada hari ini.

"Ini dari plastik bekas. Kemarin disuruh bikin sama ibu guru. Sampah di rumah jadi berkurang deh," ungkapnya di sela Tur Edukasi Bumiku Lestari yang digawangi penyanyi Oppie Andaresta bersama World Wildlife Fund (WWF) dan BNI di Sekolah Citra Alam.

Yang tak kalah menawan adalah bunga karya Ricky, kelas II. Sampah botol kemasan dibentuk seperti kelopak, diwarnai dengan cat, dirangkai seperti bunga lalu bagian tengahnya dihias dengan tutup botol kemasan yang juga diwarnai.

Hasilnya?

Sampah plastik bisa berusia lebih lama, taman pun jadi lebih indah. Seru kan berkreasi dengan anak-anak!
Editor :
Caroline Damanik
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh info - 17.45