FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

artis, selebritis, properti, rumah, apartemen, penthouse, landed house, villa, mobil, tanah, pendidikan, motor, anjing

Halaman

About

Diberdayakan oleh Blogger.

artikel terbaru

Arsip Blog

Search

PERUBAHAN KURIKULUM RAIH RESPON POSITIF DARI WAPRES

AKARTA, KOMPAS.com - Setelah dipaparkan siang tadi, perombakan kurikulum untuk tahun ajaran 2013/2014 mendapat respon positif dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono. Hal ini berarti memastikan bahwa mulai Juni 2013 mendatang anak-anak sekolah baik dari tingkat SD hingga SMA akan menggunakan kurikulum baru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh, mengatakan bahwa perombakan kurikulum ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) sehingga sudah dibahas sejak lama. Ia juga mengungkapkan bahwa sudah semestinya kurikulum yang ada diubah.

"Kurikulum berubah itu wajar karena tantangan jaman juga berubah, ilmu kependidikan juga berubah, metodologi pembelajaran juga berubah," kata Nuh, saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Ia meminta pada semua pihak agar tidak perlu khawatir dengan perubahan kurikulum yang ada. Pasalnya, kurikulum yang tengah dimatangkan ini akan mengedepankan observasi dan praktik langsung kepada peserta didik sehingga implementasi pembelajarannya akan lebih mengena.

"Memang sudah saatnya berubah. Anak-anak ini tidak bisa hanya sekedar diberitahu tapi saatnya anak-anak didorong untuk mencari tahu," jelas Nuh.

"Justru kalau kurikulum itu tidak berubah malah tidak wajar. Jangan risau juga dengan perubahan ini. Perlu risau kalau itu tadi, kurikulum itu tidak berubah atau kurikulum berubah tapi tanpa dasar," imbuhnya.

Sementara dasar dari perubahan kurikulum ini jelas untuk menjawab tantangan globalisasi dan menyelesaikan berbagai masalah yang muncul dalam dunia anak seperti maraknya tawuran dan kekerasan. Dalam pembahasan kurikulum ini, titik prioritas ada pada ranah pendidikan dasar.

"Pendidikan dasar ini kan awal mulanya anak-anak ini tumbuh. Kalau pendidikan dasarnya bagus maka Insya Allah ke depannya pasti baik. Maka dari itu tadi perdebatan banyak terjadi untuk pendidikan dasar," tandasnya.
Editor :
Caroline Damanik

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh info - 21.33