FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

artis, selebritis, properti, rumah, apartemen, penthouse, landed house, villa, mobil, tanah, pendidikan, motor, anjing

Halaman

About

Diberdayakan oleh Blogger.

artikel terbaru

Arsip Blog

Search

New Jelajahi Kompas.com Bersama Teman-Teman Facebook Anda Learn more Universitas Diharapkan Hasilkan Banyak Calon Wirausahawan

MEDAN, KOMPAS.com - Pemerintah berharap universitas di Sumatera meningkatkan lulusan yang menjadi wirausahawan guna membantu program percepatan peningkatan wirausaha khususnya untuk di luar Jawa.
"Jumlah wirausaha baru di Indonesia masih sangat minim khususnya di Sumatera.Secara nasional jumlah wirausaha masih 0,3 pesen dari total penduduk nasional dimana dari jumlah itu terbanyak di luar Jawa pula," kata Direktur Industri Kecil Menengah (IKM) Wilayah I Direktorat Jenderal IKM Kementerian Perindustrian Roy Sianipar di Medan, Minggu (9/12/2012).
Padahal untuk bisa maju, suatu negara minimal harus mempunyai wirausaha 2,5 persen dari total penduduknya. Pemerintah berharap universitas di Indonesia khususnya di Sumatera seperti Sumut meningkatan lulusannya yang bisa menjadi wirausahawan.
"Selain memiliki program untuk mempercepat pertumbuhan wirausaha baru, pemerintah juga punya program memperbanyak jumlah wirausahawan di luar Jawa dari dewasa ini yang masih terkonsentrasi di Jawa," katanya.
Program dan harapan pemerintah untuk meningkatkan wirausaha mengingat kemampuan pemerintah merekrut pegawai negri sipil (PNS) dan untuk menekan pengganguran.
Wirausaha bukan saja mengurangi beban dari penerimaan PNS tetapi juga membantu menekan pengangguran karena usaha baru dipastikan bisa menampung pekerja.
"Universitas dharapkan membuat program dan mendidik mahasiswa/mahasiswinya menjadi wirausaha, bukan setelah lulus berharap menjadi PNS atau bekerja di perusahaan," katanya.
Wirausaha lulusan perguruan tinggi diharapkan bisa lebih cepat berkembang karena memiliki intelektual. Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Laksamana Adiyaksa, menyebutkan, Apindo mendukung program wirausaha karena kemampuan perusahaan menerima pekerja baru semakin berkurang.
Selain karena tuntutan efisiensi perusahaan, kata dia, dewasa ini akibat krisis global, tidak tertutup kemungkinan perusahaan bahkan mengurangi jumlah pekerja.
"Apindo siap membantu program itu antara lain dengan memberikan ilmu terapan kepada calon wirausahawan," katanya.
Sumber :
Editor :
Benny N Joewono
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh info - 17.50

Belum ada komentar untuk " New Jelajahi Kompas.com Bersama Teman-Teman Facebook Anda Learn more Universitas Diharapkan Hasilkan Banyak Calon Wirausahawan"

Posting Komentar