FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

artis, selebritis, properti, rumah, apartemen, penthouse, landed house, villa, mobil, tanah, pendidikan, motor, anjing

Halaman

About

Diberdayakan oleh Blogger.

artikel terbaru

Arsip Blog

Search

SNMPTN 2013 Tampung 150 Ribu Maba

JAKARTA - Setiap tahun, jutaan alumni SMA/sederajat memperebutkan ratusan ribu kursi di 61 perguruan tinggi negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Ketatnya persaingan dalam SNMPTN ini ibarat memasuki lobang jarum, hanya sebagian kecil yang akan mampu lolos seleksi.

Tahun lalu, pemerintah menerima 171.634 mahasiswa baru dari sekira 900 ribu pendaftar SNMPTN jalur ujian tulis maupun jalur undangan. Sedangkan tahun ini, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh, pemerintah menetapkan 150 ribu kursi yang akan menampung mahasiswa baru di seluruh PTN Tanah Air.

"Ini masih pagu utama, belum ada kuota tambahan seperti tahun lalu," kata Nuh usai Launching SNMPTN 2013 di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, tadi malam.

Perubahan sistem penerimaan mahasiswa baru menjadi hanya melalui satu pintu ini, ujar Nuh, diprediksi akan meningkatkan jumlah pendaftar SNMPTN tahun depan hingga 1,5 juta pendaftar.

Sementara itu, Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka menjelaskan, SNMPTN 2013 akan menyeleksi siswa pelamar berdasarkan nilai rapor dan mempertimbangkan hasil ujian nasional (UN). Selain itu, tahun depan semua siswa dari sekolah mana pun dapat mendaftar dan melamar ke PTN favorit mereka.

"Tidak ada lagi penetapan kuota per sekolah berdasarkan status akreditasi sekolah tersebut," ujar Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Untuk mengikuti seleksi, sekolah harus mendaftarkan diri dan data siswanya pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai 17 Desember 2012 hingga 8 Februari 2013. Periode pendaftaran adalah 1 Februari - 8 Maret 2013. Panitia SNMPTN 2013 dengan Kemendikbud akan menyeleksi data pendaftar yang masuk pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013.(rfa)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh info - 13.23

Belum ada komentar untuk "SNMPTN 2013 Tampung 150 Ribu Maba "

Posting Komentar