FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

artis, selebritis, properti, rumah, apartemen, penthouse, landed house, villa, mobil, tanah, pendidikan, motor, anjing

Laman

About

Diberdayakan oleh Blogger.

artikel terbaru

Arsip Blog

Search

BAHASA INDONESIA HANYA DIAJARKAN DI LIMA SEKOLAH DI BRISBANE

BRISBANE, KOMPAS.com — Walau merupakan tetangga terdekat dan terbesar bagi Australia, bahasa Indonesia hanya diajarkan di lima sekolah di ibu kota negara bagian Queensland, Brisbane, dari 44 sekolah.
Angka ini jauh berbeda dengan bahasa Asia lain seperti Jepang dan Mandarin yang mendominasi pelajaran bahasa di sekolah-sekolah, baik dasar maupun menengah. Menurut informasi terbaru yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Queensland, bahasa Jepang masih merupakan bahasa yang paling populer diajarkan di sekolah. Tahun ini, bahasa Jepang diajarkan di 614 sekolah di seluruh Queensland.
Di tempat kedua ada bahasa Mandarin yang diajarkan di 112 di seluruh negara bagian dan 44 sekolah di Brisbane. Dua bahasa Eropa, Perancis, dan Jerman juga masih populer. Perancis diajarkan di 29 sekolah di Brisbane, sedangkan Jerman diajarkan di 30 sekolah. Bahasa Italia diajarkan di 8 sekolah, Spanyol 6 sekolah, bahasa Indonesia 5 sekolah, dan Vietnam diajarkan di 4 sekolah di Brisbane.
Menurut laporan Brisbane Times, hari Sabtu (15/12/2012), mengutip menteri pendidikan negara bagian Queensland John-Paul Langbroek, masalah utama bagi pengajaran bahasa di sekolah adalah kurangnya guru yang memiliki kualifikasi cukup untuk mengajar bahasa tertentu.
"Ketika pemerintah Federal mengumumkan rencana menjadikan bahasa Hindi (India) sebagai bahasa prioritas, saya menekankan bahwa di Queensland saat ini tidak ada satu pun guru yang memiliki kualifikasi mengajar Hindi yang terdaftar," kata Langbroek.
"Banyak pelajar di sekolah-sekolah Queensland belajar bahasa dengan cara belajar jarak jauh karena sulitnya untuk mendatangkan guru bahasa ke sekolah yang terpencil," tambah Langbroek.
Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, baru-baru ini pemerintah Federal Australia menjabarkan visi Abad Asia 2025. Sekolah-sekolah di Australia harus mengajarkan salah satu dari empat bahasa utama Asia, yaitu bahasa Indonesia, Jepang, Mandarin dan Hindi.
Data sementara yang diperoleh Kompas menunjukkan bahasa Indonesia paling banyak diajarkan di negara bagian New South Wales. Secara keseluruhan, ada 49 sekolah di NSW, 28 sekolah dasar, dan 21 sekolah menengah yang mengajarkan bahasa Indonesia. Dari 49 sekolah tersebut, 15 di antaranya terdapat di Sydney dan sekitarnya.
Dalam percakapan terpisah, beberapa pejabat Departemen Pendidikan di negara bagian South Australia (mencakup Adelaide) juga mengatakan sulitnya mencari guru bahasa Indonesia yang memiliki kualifikasi untuk mengajar di Australia.
Oleh karena itu, Departemen Pendidikan sedang berusaha menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah di Indonesia untuk melakukan pertukaran guru. "Namun, masalah yang kami hadapi adalah mendapatkan kontak dengan pemerintah daerah, kami kesulitan mencari info siapa yang harus kami hubungi." kata seorang pejabat. 
Editor :
Robert Adhi Ksp
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh info - 18.09

Belum ada komentar untuk "BAHASA INDONESIA HANYA DIAJARKAN DI LIMA SEKOLAH DI BRISBANE"

Posting Komentar