FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

artis, selebritis, properti, rumah, apartemen, penthouse, landed house, villa, mobil, tanah, pendidikan, motor, anjing

Halaman

About

Diberdayakan oleh Blogger.

artikel terbaru

Arsip Blog

Search

DARMANINGTYAS : PERALIHAN PTS MENJADI PTN KURANG TEPAT

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat pendidikan Darmaningtyas mengatakan peralihan status perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) kurang tepat, apalagi bila dilakukan di Jawa.
"PTN yang bagus di Jawa sudah menumpuk. Salah besar kalau PTS di Jawa dialihkan menjadi PTN," kata Darmaningtyas dihubungi di Jakarta, Rabu (2/1/2013).
Pengurus Majelis Luhur Taman Siswa itu mengatakan penumpukan PTN di Jawa telah mendorong urbanisasi ke pulau terpadat Indonesia itu.
Karena itu, bila pemerintah memiliki kebijakan untuk mengalihkan status PTS menjadi PTN atau mendirikan PTN baru sebaiknya dilakukan di luar Jawa terutama di daerah yang belum memiliki PTN.
"Wilayah Indonesia Timur seperti Papua, dan Maluku serta Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Utara masih minim PTN. Dengan mendirikan PTN di luar Jawa maka akan terjadi pemerataan pendidikan dan persebaran penduduk," tuturnya.
Sebelumnya, Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) meminta kepada Wakil Presiden Boediono untuk ikut menengahi dan mencari jalan keluar sehubungan banyaknya status PTS yang beralih menjadi PTN.
"Kami melihat makin banyak PTS di berbagai provinsi berupaya menjadi negeri, dan ini tentu sangat merugikan PTS," kata Ketua ABPPTSI Suyatno di Kantor Wakil Presiden Jakarta.
Thomas mengakui, peralihan PTS menjadi PTN tersebut sangat merisaukan karena pengalaman selama ini menunjukan bahwa setiap PTS di suatu provinsi dinegerikan ada kecenderungan kuat mahasiswa tersedot ke PTN, karena stigma PTN.
"Kami mohon Bapak Wapres untuk mendapatkan perhatian penuh berkaitan dengan keprihatinan kami penegerian dari PTS ke PTN," katanya.
Dirinya mencontohkan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, semula adalah PTS dan kini berubah menjadi PTN, dan kondisi tersebut menyebabkan banyak mahasiswa berbondong-bondong masuk ke PTN.
Demikian juga soal kasus Universitas Trisaksi. Dia mengatakan bahwa saat ini ada wacana perguruan tinggi swasta tersebut juga akan dinegerikan.

Sumber :
ANTARA
Editor :
Benny N Joewono
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh info - 12.37

Belum ada komentar untuk "DARMANINGTYAS : PERALIHAN PTS MENJADI PTN KURANG TEPAT"

Posting Komentar