FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

artis, selebritis, properti, rumah, apartemen, penthouse, landed house, villa, mobil, tanah, pendidikan, motor, anjing

Halaman

About

Diberdayakan oleh Blogger.

artikel terbaru

Arsip Blog

Search

TEPATKAH PILIHAN STUDI KE LUAR NEGERI?

KOMPAS.com - Tingginya minat para pelajar untuk studi ke luar negeri membuat perguruan-perguruan tinggi menawarkan berbagai program di banyak negara. Ide untuk studi ke luar negeri mungkin menggiurkan, tetapi akan menjadi berat saat mengetahui apa yang harus dipersiapkan sebelum mengambil keputusan.

Sebelum memutuskan cobalah untuk mengurai berbagai pertimbangan dalam tiga area yaitu akademik, kondisi keuangan, dan personal Anda sendiri. Dengan mengetahui lebih detil alasan yang mendasari ketiga aspek ini, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih baik ketika mengambil keputusan.

Akademik


Alasan utama Anda menempuh pendidikan tinggi adalah agar mendapatkan gelar kesarjanaan. Bagaimana belajar di luar negeri akan memengaruhi tujuan Anda itu? Bagi beberapa pelajar, studi ke luar negeri akan mewujudkan mimpinya. Tetapi, bagi yang lain, bisa saja memberikan tantangan. Pada intinya, pilihan studi ini harus memuluskan jalan meraih gelar akademik yang menjadi tujuan Anda.

Keuangan


Setiap institusi pendidikan menetapkan biaya studi luar negerinya dengan berbagai cara yang berbeda. Kebijakan ini kadang bertujuan untuk melindungi Anda dan institusi Anda. Apakah Anda akan membiayai biaya studi sendiri? Apakah dibutuhkan banyak biaya untuk studi Anda itu?

Perlu pula dipertimbangkan bahwa Anda perlu mengatur bagaimana mengatur keuangan. Jika studi di luar negeri, Anda mungkin akan kehilangan pekerjaan atau tidak diizinkan untuk "menyambi" bekerja di negara tempat Anda menempuh pendidikan.

Personal


Studi di luar negeri, selain memberikan pengalaman dalam kultur akademik, juga akan memberikan pengalaman secara personal. Apakah Anda orang yang sudka tantangan? Apakah Anda akan sukses jika tinggal jauh dari teman-teman dan keluarga? Apakah Anda memiliki persoalan kesehatan yang akan menjadi faktor penghalang? Nyamankah Anda menjadi orang asing di negara lain? Cobalah jujur dengan diri Anda sendiri. Jawaban-jawabannya akan menentukan kesiapan Anda.

Tidak ada hal yang salah dengan memilih studi ke luar negeri. Yang terpenting, Anda memiliki persiapan secara mental, finansial, dan tahu apa tujuan Anda menempuh studi ke suatu negara. Agar keputusan yang diambil tepat dan tidak menjadi sia-sia tanpa hasil. Selamat mencoba!
 
Sumber :
collegelife
Editor :
Inggried Dwi Wedhaswary
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh info - 12.37

Belum ada komentar untuk "TEPATKAH PILIHAN STUDI KE LUAR NEGERI?"

Posting Komentar