FB Tweet Group
TOLONG!!! Jangan KLIK INI !!!

artis, selebritis, properti, rumah, apartemen, penthouse, landed house, villa, mobil, tanah, pendidikan, motor, anjing

Halaman

About

My Ping in TotalPing.com
Diberdayakan oleh Blogger.

artikel terbaru

Arsip Blog

Search

MANA PENDIDIKAN WIRAUSAHA DALAM KURIKULUM BARU?

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Kerja (Panja) Kurikulum yang dibentuk oleh Komisi X DPR RI mempertanyakan pendidikan kewirausahaan yang tidak muncul dalam struktur kurikulum pendidikan dasar maupun pendidikan menengah pertama yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Anggota Panja Kurikulum, Zul Fadli, mengatakan bahwa pendidikan kewirausahaan ini semestinya muncul pada tiap jenjang pendidikan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 dan Rencana Strategis (Renstra) Pendidikan 2010-2014.

"Jelas dalam Renstra maupun RPJMN kalau pendidikan wirausaha ini harus ada. Tapi saya baca ini (dokumen) tidak ada di SD atau SMP. Lalu kemana?" kata Zul saat Rapat Dengar Pendapat di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Jakarta, Rabu (16/1/2013).

"Padahal pendidikan wirausaha ini penting diajarkan sejak dini pada anak," imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan bahwa dalam konsep dan struktur kurikulum baru, anak-anak akan dikembangkan kreativitasnya. Hal ini sama dengan semangat yang diusung oleh pendidikan kewirausahaan yang bertujuan mengasah kreativitas anak.

"Untuk pendidikan di SD, kami ambil nilai pengembangan kreativitasnya. Karena kalau anak sudah bisa berkreativitas maka sudah bisa semua," ujar Musliar.

"Tapi kalau untuk menjalankan konsep kewirausahaan itu baru tingkat atas. Kalau SD belum konsepnya," imbuhnya.

Namun yang pasti, anak-anak pada jenjang SD ditargetkan memiliki tiga kompetensi inti yaitu attitude, skill dan knowledge. Menurutnya dengan tiga kompetensi inti ini, anak-anak akan mampu bersaing secara global dan sanggup mengembangkan kreativitas dengan baik.



Editor :
Caroline Damanik
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BoyTrik

Artikel Menarik Lainnya :

Ditulis oleh info - 06.51

Belum ada komentar untuk "MANA PENDIDIKAN WIRAUSAHA DALAM KURIKULUM BARU?"

Posting Komentar